Wednesday, September 12, 2012

Sejarah Coklat Cadbury



Ehm, kalian pasti tak asing lagi dengan makanan yang bernama coklat. Makanan yang berwarna coklat dengan rasa yang manis ini adalah salah satu cemilan yang paling digemari orang di dunia. Omong-omong tentang coklat, pasti kalian tak asing lagi dengan salah satu merk coklat yang sudah mendunia ini, CADBURY. Coklat yang memiliki rasa fantastis ini memiliki banyak penggemar dari seluruh dunia. Tak tanggung-tanggung, karena namanya sudah mendunia, harganya pun ikut mendunia.

Sejarah Cadbury

Cadbury adalah merk coklat terkenal dunia. Pendiri dari pabrik coklat ini adalah John Cadbury. Beliau mendirikan pabrik ini di Birmingham, Inggris. Ia memulai usahanya dari pertama yaitu berjualan teh di Leeds hingga akhirnya ia membeli pabrik kecil untuk memproduksi minuman kakao dan cokelat. John akhirnya menyerah dan menyerahkan bisnisnya pada anak-anaknya. Pada tahun 1879, pabrik tersebut dipindahkan ke desa kecil yang bernama Bournbrook. Setelah dua tahun pindah, pabrik mereka memiliki 2600 orang pekerja. Sekarang, pabrik ini adalah satu pabrik mancanegara dengan pekerja sebanyak 70.000orang karyawan.

Cadbury world

Cadbury World Birmingham dibuka bertama kali tahun 1990. Cadbury World adalah salah satu tempat atraksi dalam gedung yang terletak di Midlands, 4 mil arah selatan Birmingham, di Linden Road, Bournville.
Seperti di film Charlie and Chocolate Factory, di sini para pengunjung diajak berkeliling menyaksikan atraksi dan mendapat suguhan berupa cokelat di tempat dimana Cadbury bersaudara memulai usaha cokelat mereka yang kemasyurannya mungkin hanya dapat ditandingi oleh Hersey’s Chocolate World.
Dimulai dari zona Aztec Jungle, pengunjung diajak kembali ke jaman Indian Maya dan Aztec menyusuri jalan kecil di hutan untuk mengetahui pentingnya cokelat dalam kehidupan mereka. Dilanjutkan dengan kisah perjalanan dan masuknya cokelat dari Mesoamerika ke Eropa.
Memasuki ruangan Cadbury Story pengunjung akan disambut oleh sang pendiri, John Cadbury dalam bentuk audio visual membagikan cerita kesulitan keluarga Cadbury saat mendirikan bisnis mereka, usaha mengedepankan kesejahteraan pekerja pada jaman Victoria. Kemudia putra John Cadbury, Ricard dan George menjelaskan pertumbuhan bisnis, mulai dari membuat metode produk dan kualitas produk yang baru, pemindahan pabrik di tahun 1879 ke “pabrik dalam taman” dan yang kemudian dinamai Bournville.
Setelah itu pengunjung menaiki Beanmobiles, berkeliling meyaksikan atraksi negeri ajaib cokelat. Lalu dilanjutkan ke area demonstrasi, diiimana pengunjung dapat menuliskan namanya dengan menggunakan cokelat leleh dan melihat pencetakan cokelat oleh pendemo. Area Purple Planet menyuguhkan atraksi bagaimana menanam biji cokelat dan mencetak gambaran diri dengan cokelat.
Setelah melihat seluruh atraksi, pengunjung diajak ke Cadbury Shop, toko yang menjual berbagai produk Cadbury mulai dari makanan, souvenir, mainan hingga pakaian, yang tentu saja dengan harga pabrik.
Beragam Rasa Cadbury

Cadbury Dairy Milk

Ini adalah produk lama cadbury. Produk ini terkenal karena kenikmatan coklatnya yang tidak ada tandingannya. Kalau mau tahu rasanya, makanya beli…….

Cadbury Black Forest

Bagaimana jadinya jika Coklat Cadbury bersatu dengan rasa buah black cherry??? Ini dia jawabannya, Cadbury Balack Forest. Rasa coklat Cadbury yang manis ditambah rasa asam dan manis buah black cherry ini akan membuat lidah anda ketagihan.

Cadbury Cashew Nut

Cashew Nut??? Ya, mungkin sebagian orang tidak mengetahui nama ini. Tetapi, jika kita menyebutkan kacang mede, maka semua orang akan berkata “ooo” bahwa mereka mengerti. Cadbury menyediakan rasa ini untuk penggemar berat cashew nut/kacang mede.

Cadbury Fruit & Nut

Bagaimana jadinya jika bebagai rasa buah dan kacang bersatu dengan rasa manis coklat Cadbury? Saat ini Cadbury menyediakan produk baru yaitu Cadbury Fruit & Nut.

Cadbury Roast Almond

Saat ini, Cadbury menyediakan produk baru dari kacang Almond yang terkenal mahal tersebut, yaitu Cadbury Roast Almond.


No comments:

Post a Comment